Welcome to blog orang creative

Desember 02, 2010

INTI MANAJEMEN

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, organizing, kepemimpinan dan mengontrol keuangan, sumberdaya dan manusia dalam suatu perusahaan atau organisasi serta mengolah informasi untuk mencapai tujuan. Manajemen merupakan sesuatu yang sangat penting dalam perusahaan, dengan manajemen perusahaan tersebut dapat berjalan dan tetap eksis. Manajemen juga merupakan seni untuk mencapai tujuan.

Apa sih yang dilakukan oleh manajemen.?

Dalam manajemen ada empat proses inti yang terjadi yaitu :

1. Planing

2. Organizing

3. Leading

4. Controlling




Planing / perencanaan

Dalam proses planing, perusahaan menentukan tujuan dibentuknya organisasi tersebut. Dengan ditentukannya tujuan maka arah suatu organisasi dapat diketahui.

Menentukan strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Mendesain taktik dan perencanaan operasi untuk penerapan strategi.

Organizing

Membuat struktur organisasi untuk membantu setiap karyawan dalam memahami tugasnya masing-masing dan memahami aturan yang telah dibuat serta hubungan setiap fungsi dalam suatu organisasi

Leading

Mengarahkan dan memotivasi pekerja sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Pemimpin tidak harus manager namun biasanya manajer adalah seorang pemimpin karena menjadi tauladan untuk bawahannya. Manajer dalah orang yang diberi wewenang untuk mengatur bawahannya yang terikat dengan suatu aturan, namun pemimpin tidak terikat dengan aturan dan menjadi tauladan bagi yang lain sehingga dia dapat memotivasi orang lain untuk tetap semangat dalam mencapai tujuan.

Controlling

Memonitor kinerja suatu organisasi sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Dimulai ketika manajemen membuat suatu standar seperti standard kinerja bagian keuangan. Apakah stategi dan metode yang diterapkan berjalan sesuai perencanaan. Apakah kinerja karyawan keluar dari standar. Dengan controlling, semuanya bisa diketahui dan kesalahan dapat dikurangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar